Flickr Photos

Senin, 15 April 2013

Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia


Sejarah Perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia

Teknologi Informasi merupakan teknologi yang dibangun dengan basis
utama teknologi komputer. Perkembangan teknologi komputer yang terus
berlanjut membawa implikasi utama teknologi ini pada proses pengolahan
data yang berujung pada informasi. Hasil keluaran dari teknologi komputer
yang merupakan komponen yang lebih berguna dari sekedar tumpukan data,
membuat teknologi komputer dan teknologi pendukung proses operasinya
mendapat julukan baru, yaitu teknologi informasi.
Teknologi informasi disusun oleh tiga matra utama teknologi yaitu :

1. Teknologi komputer, yang menjadi pendorong utama perkembangan
teknologi informasi.


2. Teknologi telekomunikasi, yang menjadi inti proses penyebaran
informasi.
 

3. Muatan informasi atau content informasi, yang menjadi faktor

pendorong utama implementasi teknologi informasi.
Kenyataan sejarah dunia mencatat masing – masing dari ketiga matra
penyusun teknologi informasi di atas, pada awalnya berkembang saling
terpisah. Teknologi komputer berkembang dalam lingkup matematika dan
cenderung lebih teoritis. Teknologi telekomunikasi berkembang luas dalam
dunia bisnis dan ekonomi menjadi pilar pendukung teknologi transportasi
dalam revolusi industri. Sedangkan ilmu informasi muncul pada awal perang
dunia II. Kemenangan dan kekalahan sebuah pasukan di medan perang dunia
II ditentukan oleh akurasi informasi. Setelah itu, konsep ilmu informasi
berkembang pesat. Sehingga 3 (tiga) matra penyusun teknologi informasi
tersebut mulai berkembang secara konvergen mengikuti konsep ilmu
informasi yang semakin matang.
Penemuan teknologi komputer sejak awal dimakudkan untuk membantu
meringankan pekerjaan manusia agar lebih efektif dan efisien. Perkembangan komputer ini diikuti dengan lahirnya Internet yang mampu menyebarkan
informasi dengan cepat tanpa adanya batasan ruang dan waktu.
Perkembangan teknologi komunikasi juga mengalami kemajuan yang
pesat dari mulai ditemukannya telegraph (sistem komunikasi digital jarak
jauh) pada tahun 1835, telepon pada tahun 1876, sambungan telepon jarak
jauh menggunakan satelit pada tahun 1952 hingga telepon seluler digunakan
secara luas pada tahun 1985.
Perkembangan muatan informasi diawali dengan berhasilnya Markoni
membuat radio, ditemukannya kamera gambar bergerak dan televisi. Mulai
tahun 1994 rangkaian kejadian penting dalam perkembangan Teknologi
Informasi bermunculan dengan cepat. Berikut ini adalah daftar rangkaian
kejadiannya.
Tabel 1 Perkembangan teknologi informasi mulai tahun 1994
Tahun 1994 ·
Peristiwa Penting
Apple dan IBM mengenalkan PC dengan aplikasi video yang
telah built in di dalam PC.
· Wireless data untuk computer portable yang kecil, dan penemuan
Web browser Mosaic.
· Netscape pertama kali diluncurkan di internet.
· Radio internet pertama di dunia muncul dari Las Vegas, Amerika
Serikat.
· Perampokan pertama di internet diumumkan terjadi, dilakukan
dari St. Petersburg di Rusia dengan sasaran Citibank di Amerika
antara bulan Juli dan Agustus.
· Iklan melalui e-mail pertama terjadi di usenet (news group)
dilakukan oleh Carter dan Siegal untuk mendaftarkan green card.
· Rancangan penjelajahan 3 (tiga) dimensi pertama.
· Pemesanan Pizza pertama di dunia oleh Pizza Hut
(www.pizzahut.com).
· Bank virtual pertama yaitu FIRS virtual dengan alamat
www.Fv.com dan www.firsvirtual.com.


Tabel 1 Perkembangan teknologi informasi mulai tahun 1994
Tahun
Peristiwa Penting

1994
  • Apple dan IBM mengenalkan PC dengan aplikasi video yang telahbuilt in di dalam PC.
  • Wireless data untuk computer portable yang kecil, dan penemuan Web browser Mosaic.
  • Netscape pertama kali diluncurkan di internet.
  • Radio internet pertama di dunia muncul dari Las Vegas, Amerika Serikat.
  • Perampokan pertama di internet diumumkan terjadi, dilakukan dari St. Petersburg di Rusia dengan sasaran Citibank di Amerika antara bulan Juli dan Agustus.
  • Iklan melalui e-mail pertama terjadi di usenet (news group) dilakukan oleh Carter dan Siegal untuk mendaftarkan green card.
  • Rancangan penjelajahan 3 (tiga) dimensi pertama.
  • Pemesanan Pizza pertama di dunia oleh Pizza Hut (www.pizzahut.com).
  • Bank virtual pertama yaitu FIRST virtual dengan alamat www.Fv.com danwww.firsvirtual.com.

1995 ·
  • Radio Hongkong menjadi radio yang on line 24 jam sehari melalui internet.
  • Go publik perusahaan dotcom pertama (Netscape) pada bulan Agustus.
1996
  • Muncul Web TV
1997
  • Jaringan komputer semakin berkembang luas. Domain internet yang muncul melebihi 1,3 juta buah.
1998
  • Host di internet melampaui lebih dari 30 juta.
  • Perangko pertama di dunia dijualon line oleh US Postal. E-commerce dipopulerkan oleh Bill Clinton lewat pertemuan APEC diMalaysia
  • Home video komputer meledak di seluruh dunia.
  • Media penyimpanan video berubah dari tape ke bentuk optik

1999
  • Muncul aplikasi video phone.
  • TV interaktif mulai digunakan untuk bermain game dan terhubung ke pemirsa lain, selain untuk kegiatan shopping.
2000-an
  • Diperkirakan teleconference akan merubah perjalanan bisnis fisik yang dilakukan saat ini.
  • HDTV mulai diluncurkan.
  • “Black April” terjadi di bursa saham Nasdaq, yaitu jatuhnya harga saham besar-besaran di perusahaan dotcom dunia pada tanggal 17 April 2000.
2010-an
  • Diperkirakan lebih dari 20% pekerja Amerika Serikat akan bekerja dari rumah memakai sistem komputer.
2012-an
  • Diperkirakan warga Negara Amerika Serikat akan memilih presidennya dari rumah mereka secara on line.




Sejarah Teknologi Informasi di Indonesia
Menurut catatan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (UI),
teknologi komputer baru diperkenalkan di Indonesia dalam kurun antara tahun waktu 1970-1972-an. Universitas Indonesia termasuk salah satu perguruan
tinggi pertama yang menjadi salah satu tempat pengenalan komputer di
Indonesia. Dari sinilah teknologi komputer mulai disebarluaskan di Indonesia.
Semua komunitas akademis perguruan tinggi dan industri Indonesia pernah
mendapatkan pengenalan teknologi komputer dari UI.
Untuk lebih jelas sejarah perkembangan teknologi informasi di
Indonesia setelah tahun 1972, bisa terlihat dalam tabel berikut ini.

Tabel 2 Sejarah teknologi informasi di Indonesia
Tahun
Peristiwa penting
1972 s/d 1975 · PUSILKOM UI mulai melakukan kegiatan operasional komputasi di lingkungan kampus UI.
· UI mengirimkan 2 (dua) orang staf PUSILKOM ke
Amerika Serikat untuk melanjutkan studi tentang ilmu
komputer.
1975 s/d 1986 - UI kembali mengirimkan 4 (empat) orang staf PUSILKOM ke Amerika Serikat untuk melanjutkan studi tentang ilmu
komputer.
1984 Beberapa jaringan teknologi informasi di Indonesia mulai terhubung ke internet melalui jaringan UI-net. Jaringan
internet Indonesia pada saat itu berjalan di atas protokol UUC,
sedangkan umumnya menggunakan TCP/IP. Domain .id sudah
muncul dan diakui pada tahun ini.
1986-an · Terbentuknya jaringan yang menghubungkan kampuskampus besar Indonesia, mulai UI, ITB, UGM, ITS,
UNHAS, Universitas Terbuka dan Dirjen Pendidikan
Tinggi (Dikti) Depdikbud. Jaringan besar ini disebut
UNINET. Jaringan yang dibuat dengan bantuan dari luar
negeri ini menggunakan infratruktur jaringan telepon
kabel konvensional, SKDP milik PT Indosat, serta SKDP
via satelit (packsatnet). Ada 4 buah server yang dibuat dan
ditempatkan di lokasi ITB, UI, UGM, dan ITS.
· UI membuka program studi ilmu komputer pertama untuk
jenjang S-1.
· Adanya kegiatan Amatir Radio club(ARC) ITB yang
membangun jaringan internet dengan menggunakan
komputer Apple II dihubungkan dengan jaringan
komunikasi memakai link radio amatir untuk
mengoperasikan internet.
1988 Program studi ilmu komputer untuk jenjang S-2 dibuka di UI.
1988 s/d 1989 UI dipilih menjadi gateway internet pertama di Indonesia, sekaligus sebagai koordinator pendaftaran domain .id internet
protokol berbasis UUC.
1990-an Mulai dikembangkannya jaringan komputer dengan menggunakan teknologi packet radio pada band 70 cm dan 2 m
secara luas.
1986 s/d 1993 PUSILKOM UI ditunjuk oleh Depdikbud sebagai salah satu Pusat Antar universitas (PAU) dalam bidang ilmu komputer.
1993 · Fakultas Ilmu Komputer (FASILKOM) UI diresmikan oleh Mendikbud.
· Indonesia secara resmi terhubung dengan internet
mengguankan protocol TCP/IP dan domain .id mulai
diakui keberadaanya di internet tepatnya pada tanggal 4
Maret 1993.
· IPTEKNET menjadi situs pertama yang resmi terhubung
dengan internet.
1994 Munculnya Internet Service Provider(ISP) pertama di Indonesia yaitu indonet (www.indo.net.id
1995 · PT Telkom melalui divisi riset dan teknologi memberikan sambungan leased line 14,4 Kbps sebagai bagian dari
IPTEKNET.
· Departemen Pekerjaan Umum tercatat sebagai instansi
departemen pemerintah Indonesiayang pertama kali on line(www.pu.go.id)
1996 · ITB terhubung ke jaringan penelitianAsia Internet Interconnection Initiatives (AI3). Bandwidth internet pun
di tambah sampai 1,5 Mbps ke Jepang yang terus
ditambah dengan sambungan ke TelkomNet dan IIX 2
Mbps.
· Terbentuknya APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet
Indonesia) yang memfasilitasi munculnya banyak ISP.
· Munculnya layanan internet dial up dengan akses 33,6
Kbps.
1997 Layanan internet dial up mengalami kenaikan dari 33,6 Kbps menjadi rata-rata 56 Kbps.
1998 Pemerintah daerah mulai masuk ke internet. Pemda pertama yang melakukan koneksi ke internet adalah Pemerintah Daerah
Samarinda (www.samarinda.go.id).
1999 · Dikeluarkannya UU tentang telekomunikasi no. 36/1999. · Inisiatif gerakan berbasis teknologi informasi mulai
mencapai puncaknya.
· Perusahaan dotcom dan media-media yang memiliki
segmen pendidikan teknologi informasi bermunculan di
Indonesia.
· Kegiatan promosi, pameran, seminar, dan konferensi
internasional teknologi informasi di selenggarakan secara
beruntun.
2002 Secara resmi pemerintah Indonesiameluncurkan portal nasional pada tanggal 20 Mei 2002 dengan alamat
www.indonesia.go.id.

Jenis Aplikasi Teknologi Informasi

Aplikasi teknologi informasi sangat terkait dengan aplikasi teknologi
komputer dan komunikasi data dalam kehidupan. Hampir semua bidang kehidupan saat ini dapat memanfatkan teknologi komputer. Beberapa jenis
aplikasi tersebut adalah :
1. Aplikasi di bidang sains, Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
2. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa, Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.
3. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi, Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
4. Aplikasi di bidang administrasi umum, Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.
5. Aplikasi di bidang perbankan, Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
6. Aplikasi di bidang pendidikan, Contohnya adalah e-learning (distance learning).
7. Aplikasi di bidang pemerintahan, Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).

0 komentar: